Desa org eskimo t’ancam

Desa orang eskimo tenggelam karena meningkatnya suhu cuacaMasyarakat pedesaan di Alaska telah hidup selama ribuan tahun dengan iklim yang bersuhu dingin dan ekstrim. Mereka telah terbiasa dan menggunakan iklim seperti itu sebagai tradisi dalam menjalankan sejarah kehidupannya. Tapi kini banyak desa-desa mereka terancam tenggelam karena banjir. Setidaknya sebuah desa telah menjadi yang pertama terancam tenggelam dan memaksa semua penduduknya untuk mengungsi ke dataran yang lebih tinggi. Mereka dipindahkan sejauh 9 mil dari desa asalnya yang berada di tepi sungai Ninglick. Untuk itu telah disediakan sekitar 340 rumah baru guna menampung penduduk desa tersebut. “Kami melihat erosi, banjir, dan tenggelamnya desa kami sekarang,” ujar Tom Stanley seorang Eskimo yang juga menjabat sebagai administrator suku untuk Network Traditional Council di desa tersebut.

Bertambahnya suhu pada iklim cuaca global menjadi penyebab bencana yang dialami oleh orang-orang Eskimo itu. Suhu iklim dunia yang semakin meningkat menyebabkan melelehnya es di bagian kutub utara dan menghasilkan ratusan ribu ton air. Diperkirakan ada 26 desa di Alaska yang akan segera tenggelam karena ancaman banjir. Dan sekitar 60 desa lainnya akan menyusul ditenggelamkan karena meningkatnya tinggi permukaan laut pada dekade berikutnya. Guna menanggulangi ancaman bencana itu, telah disediakan dana sejumlah 130 juta dollar Amerika.

PBB mengatakan bahwa meningkatnya tinggi permukaan laut karena mencairnya es di daerah kutub akan mengancam kehidupan sekitar 150 juta penduduk Bumi hingga tahun 2050 nanti. Selain kenaikan permukaan air laut, ada beberapa ancaman lain yang akan menimpa penduduk Bumi. Yaitu ancaman kekeringan karena berkurangnya curah hujan di banyak kawasan, berkurangnya keaneka-ragaman sumber hayati, dan tentu saja suhu iklim dunia yang terus meningkat. Yang dituding sebagai penyebab utamanya tentu saja karena emisi karbondioksida yang dihasilkan oleh kegiatan industri, kendaraan, dan rumah tangga yang mengakibatkan efek rumah kaca yang makin tidak terkendali. Dan ironisnya, golongan masyarakat yang sangat kecil sekali peranannya dalam menghasilkan emisi karbondioksida tersebut, misalnya orang-orang Eskimo itu, justru yang terkena dampak langsung dari bencana yang disebabkan oleh efek rumah kaca.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: